ads

Pasang iklan disini

Robot Ini Bisa Berjalan Selamanya Tanpa Listrik!


WOW, Robot Ini Bisa Berjalan Selamanya Tanpa Listrik!


Kamu tahu sendiri lah kalo robot itu ya barang elektronik. Dia gak bisa jalan kalo gak ada listrik, baik itu dari baterai atau media penyimpanan daya lainnya. Tapi apakah kamu tahu bahwa robot berikut ini secara teori dapat berjalan selamanya, tanpa harus menggunakan listrik? Lah terus bagaimana bisa? Makanya pantengin terus artikel ini mengetahui teknologi terbaru yang dapat membuat robot berikut bisa berjalan selamanya.

thermobotSumber gambar: Gizmodo
Namanya adalah Thermobot dan dia dapat berjalan apabila diletakkan pada media yang panas. Semua itu berkat kakinya yang terbuat dari bimetal. Bimetal terdiri dari lapisan metal yang berbeda, sehingga apabila lempengan tersebut diletakkan pada media panas, maka ia akan meregang dalam porsi yang berbeda antara satu bahan metal dengan yang lainnya. Akibatnya adalah metal yang dibuat melengkung tersebut akan memindahkan titik berat dari si robot.
Ditambah dengan poros di atasnya, membuat setiap gerakan yang timbul akibat panas, akan membuat satu kaki maju ketika terangkat. Pihak peneliti dari Univeristy of Tokyo butuh banya sekali percobaan utnuk membuat robot ini menjadi sempurna. Faktor-faktor seperti berat, kelengkungan kaki, dan kalkulasi perubahan bentuk dari bimetal tersebut menjadi tantangan dalam pembuatan Thermobot. Keren banget ya apabila jika pada akhirnya robot tersebut diwujudkan menjadi ukuran besar.